Langsung ke konten utama

Kalahkan Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina Hadapi Jerman di Final

Sao Paulo - Argentina melaju ke final setelah mengalahkan Belanda lewat babak adu penalti. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Dalam laga yang berlangsung di Arena Corinthians, Kamis (10/7/2014) dinihari WIB, kedua tim bermain dengan tempo cenderung lambat. Baik Belanda dan Argentina sama-sama bermain sabar dan tak terlalu agresif.

Secara statistik, permainan kedua tim relatif berimbang. Belanda sedikit unggul dalam penguasaan bola dengan 53%-47%. Namun Argentina lebih baik dalam mencetak peluang dengan lima tembakan on target sedangkan Belanda cuma tiga.

Sergio Romero pada akhirnya menjadi pahlawan Argentina setelah menggagalkan dua tembakan pemain Belanda di masa adu penalti, masing-masing Ron Vlaar dan Wesley Sneijder. Sementara empat eksekutor awal Argentina sukses menjalankan tugas.

Argentina selanjutnya akan menghadapi Jerman di partai final yang berlangsung di Estadio Maracana, Senin (14/7/2014) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Sepuluh menit pertama tempo berjalan lambat. Tak ada peluang yang benar-benar berarti di periode ini. Kedua tim sama-sama belum berhasil mencatatkan upaya ke gawang lawan.

Di menit ke-11, Argentina punya kans lewat tendangan bebas di sisi kiri. Ezequiel Lavezzi mengirim bola ke dalam kotak penalti, namun dibuang oleh barisan belakang Belanda. Bola jatuh di kaki Enzo Perez di luar kotak penalti dan tembakan dilepaskan. Jauh dari sasaran.

Belanda merespons dua menit berselang. Arjen Robben berupaya menusuk di sisi kanan, namun berhasil disapu oleh Javier Mascherano. Bola lantas malah mengarah ke Wesley Sneijder di tak jauh di depan kotak penalti dan disambut tendangan keras. Masih melenceng ke kiri gawang.

Di menit ke-15, Argentina dapat peluang dari tembakan bebas langsung tak jauh di depan kotak penalti, menyusul pelanggaran Ron Vlaar terhadap Perez. Lionel Messi mengambil tendangan tersebut dan mengarahkan bola keras melewati pagar hidup ke pojok kiri gawang. Terbaca dengan baik oleh Jasper Cillessen.

Argentina melanjutkan tekanan dari skema bola mati pada menit ke-24. Dari sepak pojok, Lavezzi mengarahkan bola lambung ke muka gawang Cillessen dan disambut tandukan sambil menjatuhkan diri oleh Ezequiel Garay. Bola melambung di atas mistar.

Belanda kembali mendapatkan ancaman pada menit ke-36. Di sisi kanan, Lavezzi mendapatkan umpan terobosan dari tengah dan menusuk hingga mendekati garis akhir lapangan. Dia kemudian melancarkan umpan silang ke Higuain di tengah yang bersiap melakukan tendangan. Tapi sesaat sebelum bola sampai ke kaki Higuain, Bruno Martins Indi datang menyapu bola.

Empat menit babak kedua berjalan, Belanda mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Sneijder bertindak sebagai eksekutor, mencoba mengarahkan bola langsung ke gawang. Masih di atas mistar gawang Sergio Romero.

Argentina merespons di menit ke-59. Pablo Zabaleta melepaskan umpan terobosan ke ruang di sisi kanan dan disambut Lavezzi yang lepas dari jebakan offside. Lavezzi kemudian mengarahkan bola lambung ke Higuain di depan gawang dan bola sukses ditanduk ke arah gawang. Beruntung bagi Belanda Stefan de Vrij menghadang laju bola.

Sepuluh menit berselang, Lavezzi melakukan tusukan di sisi kiri, berlari memotong ke tengah, dan melepaskan tembakan. Gagal menemui sasaran setelah diblok oleh Vlaar.

Di menit ke-75, giliran Higuain mendapatkan peluang bagus. Merangsek lewat sisi kanan, Perez melepaskan umpan silang kepada Higuain yang lepas dari kawalan. Bola disontek, namun tak masuk ke gawang karena hanya tipis di samping kanan.

Belanda kembali mendapatkan tekanan di menit ke-84. Marcos Rojo melakukan percobaan dari luar kotak penalti, bola deras mengarah ke gawang. Namun Cillessen dalam posisi siap.

Belanda lantas menjawab tekanan Argentina dengan upaya Jordy Clasie dari luar kotak penalti di menit ke-87. Tapi tak cukup membahayakan Romero karena bola cuma melesat ke kanan gawang.

Belanda nyaris memetik keunggulan memasuki masa injury time. Lewat sebuah sontekan kecil, Sneijder memberikan umpan ke Robben yang menemukan ruang di belakang bek Argentina sementara Mascherano sedikit tertinggal di belakangnya.

Robben lantas melepaskan tembakan dari jarak dekat ke arah gawang, tapi hanya sesaat bola meluncur dari kakinya, Mascherano melakukan tekel cemerlang untuk memblok bola. Hanya menghasilkan sepak pojok. Laga kemudian selesai, dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada menit ke-99, Robben kembali menebar ancaman untuk Argentina. Dari sisi kanan dia berlari ke tengah dan melancarkan sepakan keras dengan kaki kiri. Bisa dihentikan dengan baik oleh Romero.

Jelang akhir babak tambahan yang pertama, Argentina membangun sebuah peluang. Di sisi kanan, Palacio sukses melewati Daley Blind dan melepas umpan silang. Namun Sergio Aguero datang terlalu terlambat untuk menyambut bola hingga akhirnya diamankan oleh Janmaat.

Sebuah upaya jarak jauh dari De Vrij masih belum menemui sasaran pada menit ke-110. Tembakannya melenceng ke kanan gawang.

Argentina membalas lima menit kemudian. Umpan Maxi Rodriguez mengarah ke Palacio yang berdiri bebas. Tapi peluang terbuang setelah penyerang Inter Milan itu menanduk bola terlalu pelan dan diamankan dengan mudah oleh Cillessen.

Skema yang sama berulang dua menit berikutnya. Kali ini Messi yang merangsek di sisi kanan dan melambungkan bola ke tiang jauh. Umpan disambut Rodriguez dengan tembakan voli. Tapi sebagaimana upaya sebelumnya, tendangan Rodriguez masih terlalu pelan untuk Cillessen.

Babak tambahan usai, pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Belanda mengawali adu penalti dengan kegagalan Vlaar menaklukkan Romero. Tendangannya terbaca. Sementara tendangan pertama Argentina yang diambil Messi sukses masuk ke gawang.

Robben maju sebagai penendang kedua Belanda dan menunaikan tugasnya dengan baik. Begitu juga Garay yang jadi penendang kedua Argentina.

Pada sepakan ketiga, Belanda kembali gagal. Sepakan Sneijder yang mengarah ke sisi kiri terbaca oleh Romero. Sebaliknya, Argentina lagi-lagi berhasil. Tendangan Aguero tak mampu dijangkau Cillessen.

Kuyt sempat menghidupkan asa setelah mengonversi penaltinya dengan mulus. Tapi Argentina pada akhirnya memastikan diri lolos ke final setelah tendangan keras Rodriguez tetap masuk ke gawang meski ditepis Cillessen.

Adu Penalti

Belanda:

Vlaar - Gagal
Robben - Gol
Sneijder - Gagal
Kuyt - Gol


Argentina:

Messi - Gol
Garay - Gol
Aguero - Gol
Rodriguez - Gol

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y