Langsung ke konten utama

Kalahkan Nigeria 2-0, Prancis ke Perempatfinal

Brasilia - Prancis sukses melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2014, setelah mengalahkan Nigeria 2-0 lewat torehan Paul Pogba dan gol bunuh diri Joseph Yobo.

Berlaga di Estadio Nacional, Senin (30/6/2014) malam WIB, kedua tim bermain ketat hampir di sepanjang laga. Gol-gol pun baru tercipta di penghujung pertandingan.

Paul Pogba membawa Les Bleus unggul di menit ke-79. Selepas membuka skor, Prancis mempertahankan intensitas dan tekanannya hingga memaksa kapten Nigeria Joseph Yobo melakukan kesalahan dan mencetak gol bunuh diri di masa injury time

Berkat kemenangan ini, Prancis pun melangkah ke perempatfinal. Tim asuhan Didier Deschamps selanjutnya akan menghadapi pemenang laga Jerman kontra Aljazair.

Jalannya Pertandingan

Prancis mendapatkan peluang di menit ke-5. Umpan lambung Mathieu Valbuena ditanduk Olivier Giroud, namun masih melenceng ke kiri.

Peluang berikutnya lahir 10 menit berselang. Mendapatkan umpan dari Karim Benzema yang berlari di sisi kiri, Giroud melepaskan tembakan tak jauh dari muka kotak penalti. Tak menemui sasaran.

Nigeria mendapatkan kans bagus dari bola mati pada menit ke-16, usai Peter Odemwingie dilanggar tak jauh dari kotak penalti. Tapi tembakan Emmanuel Emenike melambung jauh.

Nigeria berhasil menjebol gawang Prancis tiga menit kemudian, akan tetapi dianulir wasit. Emenike dianggap offside terlebih dahulu saat menerima umpan Ahmed Musa.

Berikutnya, Nigeria malah nyaris kebobolan. Lewat serangan balik di menit ke-22, Pogba memberikan bola kepada Valbuena di kanan yang tak terkawal. Valbuena lantas mengembalikan lagi bola kepada Pogba yang berlari masuk ke kotak penalti. Nama terakhir lantas melakukan sepakan voli deras mengarah ke gawang, ditepis dengan gemilang oleh Vincent Enyeama.

Kans lain didapat Prancis pada menit ke-33. Umpan silang Patrice Evra diterima Mathieu Debuchy di sisi kanan di dalam kotak penalti. Belum berhasil menemui sasaran karena tendangannya melambung.

Sebuah serangan memberikan kesempatan lain bagi Debuchy untuk mencetak gol, tepatnya di menit ke-40. Pogba yang menusuk di tengah memberikan bola kepada Valbuena di kanan.

Tanpa berlama-lama, Valbuena menyodorkan bola ke Debuchy yang berlari memasuki kotak penalti. Tapi peluang kembali kandas, tendangan Debuchy melenceng. Babak pertama usai.

Sepanjang 15 menit babak kedua, masing-masing tim saling melancarkan serangan. Namun tak satupun berhasil mencetak peluang bersih.

Nigeria berhasil lebih dulu mencatatkan kesempatan di paruh kedua. Pada menit ke-60, Emenike melakukan upaya dari jarak jauh. Masih melambung.

Empat menit berselang, giliran Odemwingie mengancam. Dari sisi kanan, dia melakukan gerakan memotong ke tengah dan melancarkan tendangan kaki kiri mendatar yang keras. Lloris sigap menepis.

Prancis nyaris saja mendapatkan keunggulan di menit ke-70. Setelah berhasil mencuri bola di sepertiga akhir, Benzema melewati satu pemain dan melakukan umpan satu dua dengan Antoine Griezmann. 

Lolos dari para bek, Benzema kini tinggal berhadapan dengan kiper. Sepakannya sempat terbaca oleh Enyeama, tapi bola tetap meluncur ke gawang. Di saat-saat terakhir, Victor Moses datang dan menyapu bola.

Sebuah kans lain nyaris berbuah gol untuk Prancis di menit ke-77. Sebuah bola sapuan menyusul sepak pojok jatuh di kaki Yohan Cabaye di luar kotak penalti. Gelandang Paris Saint-Germain itu lantas melepaskan tendangan keras dan tak mampu dijangkau kiper, tapi kali ini mentah oleh tiang gawang.

Dua menit berselang, giliran Benzema yang mendapatkan peluang. Umpan silang Valbuena sukses ditanduk, namun ditepis oleh Enyeama.

Prancis pada akhirnya benar-benar mencetak gol. Dari sepak pojok yang dihasilkan, Valbuena mengirim bola ke muka gawang. Enyeama mencoba menangkap, namun gagal dan malah membuat bola berubah arah ke Pogba. Tanpa ada kesulitan berarti, Pogba menanduk ke gawang yang kosong.

Tekanan untuk Nigeria berlanjut ke menit 84. Lewat serangan balik, Blaise Matuisi memberikan umpan terobosan kepada Griezmann yang menyambutnya dengan tembakan keras kaki kiri ke arah gawang. Enyeama sigap menepis.

Di masa injury time, Prancis berhasil menambah gol sekaligus menegaskan kemenangan. Umpan silang Valbuena gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Joseph Yobo yang sedang mengawal Griezmann. Bola membentur kakinya dan masuk ke gawang sendiri. Laga usai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y