Langsung ke konten utama

Tundukkan Alaves, Barca Juara Copa del Rey

Madrid - Barcelona keluar sebagai juara Copa del Rey usai mengalahkan Deportivo Alaves 3-1. Hasil ini jadi kado manis untuk perpisahan dengan pelatihnya, Luis Enrique.

Dalam laga final di Vicente Calderon, Minggu (28/5/2017) dinihari WIB, Blaugrana medapat perlawanan ekstra keras dari Alaves. Laga belum berjalan 10 menit, Javier Mascherano harus ditandu keluar setelah beradu kepala dengan Marcos Llorente.

Barca pun kesulitan untuk mencetak gol setelah para pemainnya kerap dijatuhkan lawan. Bahkan, Samuel Umtiti di menit juga harus mengerang kesakitan setelah betis kanannya terinjak Edgar Antonio Mendez.

Tim arahan Enrique baru berhasil mengubah skor menjadi 1-0 pada menit ke-30 lewat Lionel Messi. Namun, keunggulan itu cuma bertahan tiga menit setelah disamakan Theo Hernandez menjadi 1-1 lewat tendangan bebas.

Beruntung bagai Barca, jelang turun minum mereka bisa melesakan dua gol untuk mengubah skor menjadi 3-1. Gol-gol itu dicetak Neymar di menit ke-45 dan Francisco Alcacer di menit 45+3 masa injury time.

Di babak kedua tak ada gol yang tercipta. Pertandingan justru menjurus keras setelah pemain Alaves berulang kali melanggar pemain Barca. Di laga ini wasit mengeluarkan delapan kartu kuning dengan rincian tiga untuk Barca dan lima untuk Alaves.


Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung melancarkan serangan di awal-awal laga. Messi yang menerima umpan panjang langsung memberikan bola ke Neymar dengan kepala. Namun, usaha itu gagal membuahkan hasil setelah Neymar lebih memilih menggiring bola lagi daripada menembak langsung ke gawang Alaves.

Di menit ke-8, wasit menghentikan pertandingan setelah terjadi benturan kepala antara Mascherano dengan Llorente. Bek Barcelona itupun tergeletak di lapangan dengan darah yang mengucur dari kepala.

Setelah hampir tiga menit menjalani perawatan di dalam lapangan, Mascherano akhirnya ditarik keluar dan dan digantikan Andre Gomez.

Barca mengambil jalannya permainan setelah wasit kembali melanjutkan pertandingan. Blaugrana memaksa pemain Alaves untuk bertahan.

Di menit ke-16 terjadi keribut di sisi lapangan antara Umtiti dengan Edgar. Wasit pun memberikan kartu kuning kepada Edgar setelah menginjak betis dari Umtiti.

Pertandingan kembali berlanjut. Barca membuat beberapa penetrasi ke wilayah sepertiga pertahanan Alaves. Namun, usaha itu kerap gagal lantaran tim lawan dengan sigap menjegal pemain Blaugran. Bahkan, Messi dan Neymar dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Alaves. Namun tak satupun pun berujung hadiah penalti.

Upaya Barca baru berbuah hasil di menit ke-30. Messi berhasil mengubah skor menjadi 1-0 setelah melakukan umpan satu-dua dengan Neymar di depan kotak penalti. Bola hasil tendangan pemain asal Argentina itu meluncur deras ke sisi kiri kiper.

Keunggulan Barca tak bertahan lama. Di menitke-33 Alaves berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tendangan bebas. Theo, yang mengeksekusi langsung berhasil mengarahkan bola ke sisi kanan Jasper Cillessen.

Usai menyamakan skor, Alaves kembali menumpuk pemain di wilayah sepertiga pertahanan. Sedangkan Barca, berusaha menerobos pertahanan lawan dengan berbagai cara. Namun, usaha El Barca kerap gagal setelah dilanggar pemain Alaves.

Jelang turun minum konsentrasi Alaves dalam bertahan sedikit kendur. Andre Gomez, yang bergerak dari sisi kanan berhasil mengirim umpan silang datar kepada Neymar untuk mengubah skor menjadi 2-1 di menit ke-45.

Di menit ke-3 masa injury time, Barca kembali mencetak gol. Francisco Alcacer berhasil meceploskan bola ke gawang Fernando Pacheco untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Di babak kedua permainan keras Alaves tetap berlanjut. Rodrigo Ely diganjar kartu kuning pada menit ke-49 setelah melakukan sikutan kepada Alcacer.

Barca kesulitan dalam membongkar pertahanan Alaves. Sampai menit ke-70, mereka tak bisa menciptakan peluang yang berbahaya.

Alih-alih mencuri gol tambahan, Barca malah mendapat ancaman. Alaves mampu melesakkan bola ke gawang Cillessen di menit ke-71, namun gol dari Deyverson dianulir hakim garis karena posisinya sudah offside terlebih dahulu.

Di menit ke-76 terjadi sebuah perselisihan setelah Neymar terjatuh akibat terjangan Ruben Sobrino. Aksi itupun memancing emosi Messi dan Iniesta yang kemudian berbuah kartu kuning dari wasit Carlos Clos.

Hingga laga usai tak ada gol yang tercipta. Barca berhasil keluar sebagai juara Copa del Rey setelah menyudahi pertandingan dengan skor 3-1.

Postingan populer dari blog ini

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…